Administrasi Perkantoran

Fajar Rudianto, SE.

Kepala Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran


Bidang keahlian Bisnis dan Manajemen memiliki program keahlian Administrasi dimana jurusan atau peket keahlian Administrasi Perkantoran adalah salah satu program jurusan SMK Karya Guna 2 Bekasi yang mendidik siswanya menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang memiliki kecakapan dalam otomatisasi perkantoran dibidang bisnis dan manajemen untuk siap bersaing di era global baik untuk hidup mandiri maupun melanjutkan pendidikan lebih lanjut. Sebagian besar lulusan Adm. Perkantoran adalah pekerja sambil kuliah.


Administrasi Perkantoran (AP)
 

Sebuah profesi administratif yang bersifat asisten atau mendukung. Gelar ini merujuk kepada sebuah pekerja kantor yang tugasnya ialah melaksanakan perkerjaan rutin, tugas-tugas administratif, atau tugas-tugas pribadi dari atasannya. Pekerja atau karyawan ini biasanya melakukan tugas-tugas seperti mengetik, penggunaan komputer, dan pengaturan agenda. Mereka biasanya bekerja di belakang meja. Di dunia kerja saat ini ada lagi profesi yang merupakan perkembangan dari sekretaris yaitu asisten pribadi (PA atau Personal Assistant). Perbedaan dari PA dan sekretaris adalah PA lebih bertanggung jawab untuk satu orang saja, dalam hal ini eksekutif atau bos yang mempekerjakan dirinya. Sedangkan sekretaris lebih bertanggung jawab kepada perusahaan secara umum.


KOMPETENSI / MATERI YANG DIAJARKAN :
  • Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
  • Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Bahasa Indonesia
  • Matematika
  • Sejarah Indonesia
  • Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya
  • Seni Budaya
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
  • Simulasi dan Komunikasi Digital
  • Ekonomi Bisnis
  • Administrasi Umum
  • IPA
  • Marketing 
  • Perencanaan Bisnis
  • Komunikasi Bisnis
  • Penataan Produk
  • Bisnis Online
  • Pengelolaan Bisnis Ritel
  • Administrasi Transaksi
  • Produk Kreatif dan Kewirausahaan
KEMAMPUAN YANG DIHASILKAN
  • Mengetik dengan kecepatan diatas rata-rata dengan berbagai program komputerisasi
  • Bekerja Sama dengan Kolega & Pelanggan
  • Prosedur K3
  • Komunikasi Telpon/Faximile
  • Peralatan Kantor
  • Merencanakan & Melakukan Pertemuan
  • Melakukan Prosedur Administrasi
  • Mengikuti Aturan & Budaya Kerja
  • Pengadaan & Pengumpulan Dokumen
  • Menangani Surat Masuk/Keluar
  • Menghasilkan Dokumen Sederhana
  • Sistem Kearsipan; Mencatat Dikte untuk Naskah
  • Menciptakan & Mengembangkan Naskah Mengatur Perjalanan Bisnis
  • Memberikan Pelayanan pada Pelanggan
  • Aplikasi Ketrampilan Komunikasi
  • Transaksi Keuangan
  • Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi, dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat
  • Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien
  • Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggungjawabnya
  • Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga
  • Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak
  • Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggungjawabkan.

PROFESI / BIDANG PEKERJAAN :
  • Sekretaris
  • Pegawai Kantor

VISI 
  • Empty

MISI
  • Empty